Mengulas Semua Tentang Kelinci

Thursday, October 19, 2017

Cara Merawat Kelinci agar tidak mudah mati



CARA MERAWAT KELINCI BAGI PEMULA AGAR TIDAK MUDAH MATI



Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang bagaimana merawat kelinci bagi pemula yang belum pernah merawat kelinci sama sekali
Agar kelinci teman-teman tidak mudah mati dan penyakitan.
Langsung saja saya jelaskan, pertama-tama ini yang harus di perhatikan :

BERIKUT ADALAH HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN JIKA MEMELIHARA KELINCI AGAR TIDAK MUDAH MATI

Berikut adalah cara merawat kelinci agar tidak mudah mati
Karena masih banyak orang yang tidak tahu merawat kelinci dengan benar jadi banyak kelinci yang mereka beli tidak tahan selama lama

Berikut saya jelaskan dengan singkat bagaimana cara merawat kelinci dengan benar dan baik menurut pengalaman saya.

·        Jangan di mengangkat kelinci dari kupinganya ,jadi teman” bisa mengangkat kelinci melalui punggungnya ( cubit saja punggungnya dan setelah terangkat topang bagian pantat dari kelinci itu[p1]  ).
·        Jangan beri makan rumput ijoan terlalu banyak karena dapat menyebabkan mencret
·        Perhatikan kebersihan kandang kelinci agar tidak mudah terkena penyakit
Dan apa saja yang perlu disediakan jika ingin memelihara kelinci?....,simak 4 poin dibawah ini yang perlu di sediakan dan cara merawatnya :

1.KANDANG
Kandang harus di sediakan jika ingin memelihara kelinci agar kelinci tidak berlarian kemana-mana dan agar terhindar dari predator seperti : kucing,anjing dll
Jika ingin membuat kandang sendiri anda harus mengerti ukuran kandang yang cocok buat kelinci anda.
Ukuran kandang yang ideal adalah P : 1 meter, L : 0.5-1 meter, dan T : 0.5-0.8 meter
Usahakan telinga kelinci anda tidak menyentuh atap-atap kandang dan sesuaikan dengan jenis kelinci yang ingin anda pelihara.

2.MAKANAN                                                                
makanan kelinci yang harus di perhatikan adalah jangan memberi kelinci anda terlalu banyak sayur-sayuran karena dapat menyebabkan mencret.
Jika ingin memberi pakan ijoan keringkan terlebih dahulu.
Beri pelet untuk makanan sampingan agar tidak terlalu banyak pengeluaran tetapi jika anda ingin kelinci anda cepat gemuk saya sarankan anda memberi ampas tahu,harga ampas tahu pun tidak terlalu mahal di bandingkan pelet dan ampas tahu terbukti dengan cepat dapat menggemukan kelinci ( peras ampas tahu terlebih dahulu agar kandungan air dalam ampas tahu tidak terlalu banyak ).
Dan jangan lupa sediakan air minum, wadah air minum kelinci banyak di perjual belikan di toko-toko yang menyediakan pakan ternak maupun pakan kelinci.

3.KESAHATAN KELINCI
dan yang terakhir adalah jaga kesehatan kelinci anda, hal yang yang paling wajib di lakukan yaitu menjaga kebersihan kandang kelinci agar tidak mudah terserang penyakit, ganti air setiap harinya.
Jika kelinci anda terkena penyakit segera anda obati agar tidak mati, kalau dari pengalaman saya jika kelinci mencret penanganan pertama yaitu beri daun jambu.
Nah, ini pengalaman saya tentang beternak kelinci,pembahasan singkat tentang bagaimana cara merawat kelinci bagi pemula. mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang ingin belajar beternak kelinci.
Jika ingin menambah wawasan tentang kelinci terus ikuti saya, karena saya akan mengupas semua tentang kelinci.
Berikut yang saya bisa bagikan saat ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. TERIMAKASIH!!!


 [p1]
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

BTemplates.com